cara kerja mesin bensin 2 tak keuntungan dan kerugiannya.

CARA KERJA MESIN BENSIN 2 TAK.

    jenis motor/ mesin bensin 2 tak yang umumnya dipakai untuk penggerak sepeda motor zaman dulu kalau sekarang yang masih populer yaitu kawasaki ninja, yamaha RX king, dan suzuki satria 2Tak.

    Motor 2 tak banyak digunakan pada sepeda motor dan mobil bertenaga rendah .Disini dilakukan dalam 2 gerakan atau satu putaran engkol . Langkah torak ke atas adalah kompresi dan langkah turun adalah  langkah ekspansi untuk memberikan langkah usaha , langkah-langkah kompresi dan ekspansi berlaku sama dengan motor 4 gerakan tetapi tidak seperti motor 4 gerakan yang mana tidak ada kebebasan langkah -langkah untuk gerak hisap dan gerak buang, pengeluaran gas-gas bekas dan penghisapan campuran udara bensin dilakukan dengan meminjam sebagian tenaga ( gaya ) yang terjadi pada waktu langkah kompresi.

   pada motor 2 tak tidak dilengkapi dengan katup-katup tetapi dilengkapi dengan saluran pemasukan  dan saluran pembuangan pada dinding silinder , cara kerjanya adalah sebagai berikut :

Bila torak bergerak naik , saluran pembilas tertutup dan kompresi dimulai, kemudian saluran pemasukan membuka dan campuran udara bensin masuk ke dalam bak engkol, penyalaan dan pembakaran terjadi pada waktu torak mulai bergerak ke bawah , saluran buang membuka, sementara saluran pembilas membuka, campuran udara dan bensin terdesak di dalam bak engkol ketika memasuki silinder dan mengeluarkan gas bekas.

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN MESIN 2 TAK.

° hasil kerja yang lembut dimungkinkan dengan 
Jumlah silinder yang sedikit dikarenakan terdapat 2 kali pembakaran lebih banyak dari mesin 4 tak , dengan ukuran langkah torak dan kecepatan yang sama maka mesin 2 tak dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar.

° karena katup-katup pada umumnya tidak sedikit digunakan maka bagian-bagiannya menjadi lebih sedikit, kesukaran yang timbul berkurang dan biaya pembuatan nya menjadi murah.

° masa untuk pembuangan gas bekas diperlukan hanya 1/2 dari mesin 4 tak, dengan demikian pembuangan gas-gas ini kurang sempurna, dan menimbulkan kesulitan untuk mempertinggi kecepatan.

° sukar bekerja dengan putaran rendah dan juga sangat berbahaya dengan terjadinya nyala balik ke karburator.

° saluran pembuangan, sebagian besar menjadi lebih besar menjadi lebih cenderung untuk menjadi terlalu panas yang berlebihan , terletak di bagian tengah silinder dan menyebabkan pelumasan pada torak dan silinder menjadi tidak sempurna , dengan terjadinya kelebihan panas maka bagian-bagian  mesin seperti pegas torak akan menjadi rusak dan cepat aus.

Nah itu kenapa mesin 4 tak lebih awet dibanding mesin 2 tak.

Semoga postingan ini bermanfaat bagi sobat .
 Terima kasih .


Comments

Popular posts from this blog

cara kerja mesin diesel